Jurnalisme Investigasi

Jurnalisme Investigasi seperti buku panduan untuk para detektifpembongkar tirai kebohongan. buku ini banyak menyajikan hal-hal menarik seputar dunia jurnalisme, khususnya dengan titel “investigatif”. Jurnalisme investigatif berarti reporter investigatif atau reportase investigatif, namun apakah sebenarnya Reportase Investigatif itu?. Laura Washington mendefinisikannya sebagai orang yang menyibak data dan fakta untuk menyatakan adanya pelanggaran atau kejahatan yang telah terjadi di sekitar kita. 

jelasnya reportase investigatif bagai seorang pengungkap teka-teki yang terlihat sederhana. Bondan Winarno, yang dinobatkan sebagai salah satu reporter investigatif. karena keberhasilannya mengungkap sisi hitam Bre-X telah menjadi gambaran nyata kehidupan seorang reporter investigatif. kepalsuan kematian Michael deGuzman yang berhasil diselidikinya merekam betapa pekerjaan seorang reporter investigatif terkadang akan selalu bertentangan dengan opini kebanyakan. 

tidak jauh berbeda dengan Bondan Winarno, Cammy Wilson, Reporter Minneapolis Tribune juga berhasil mengungkap skandal transportasi kesehatan bagi kaum cacat. akan tetapi uniknya, Wilson tidak pernah berniat melakukan pendalaman sebelumnya. 

ceritanya sang editor dikotanya memberikan tugas kepada Wilson membuat feature mengenai kehidupan wanita berkursi roda. hingga menjelang akhir peliputannya terhadap wanita berkursi roda, dia menemukan satu fakta menarik untuk diselidiki. adalah subjek peliputannya seorang wanita tua berkata bahwa betapa mahalnya biaya kunjungan dokter. Wilson yang kaget dengan ucapan tersebut kemudian melakukan investigasi. endingnya, Wilson berhasil menarik perhatian Departemen Kesehatan, Pendidikan dan  Kesejahteraan di Washington DC karena mengungkap Skandal besar tersebut.

yang pasti, Septiawan Santana sangat berhasil dengan bukunya ini, Jurnalisme Investigasi. dengan bahasa yang mudah dicerna dan pendalamannya terhadap Jurnalisme Investigasi yang sangat luas telah mampu membuat pembaca betah berlama-lama menikmati dunia baru; Jurnalisme Investigasi!

~Fauzan Anwar Sandiah~

Mari Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Baca Komunitas

MEMBACA | MENULIS | MENANAM

---

Rumah Baca Komunitas merupakan perkumpulan independen yang mempromosikan pengetahuan, kerja kolaboratif dan emansipatif terkait isu perbukuan, komunitas, dan lingkungan hidup