GERAKAN LITERASI UNTUK MENCERDASKAN ANAK-ANAK BANGSA

 GERAKAN LITERASI UNTUK MENCERDASKAN ANAK-ANAK BANGSA

Anak Bangsa merupakan aset yang sangat penting bagi suatu wilayah atau negara, hal ini terjadi karena pada diri anak bangsa terdapat bibit masa depan yang menentukan baik dan buruknya suatu wilayah atau negara tersebut. Oleh karena itu hadirnya ilmu pengetahuan sangat penting untuk membekali generasi anak bangsa agar tetap mampu berpikir positif sebab dengan ilmu pengetahuan mereka mampu mencetak perubahan-perubahan yang dapat memajukan bangsa ini.

Di daerah Pulau Buru Provinsi Maluku terdapat satu gerakan literasi yaitu Rumah Belajar Komunitas (RBK) Pulau Buru yang berperan penting dalam persoalan pendidikan, mereka bergerak dan berbagi secara nyata di lapangan untuk membantu mencerdaskan anak-anak Bangsa Serta menanamkan ilmu pengetahuan khususnya pada wilayah Indonesia Timur.

Munculnya Gerakan Literasi (RBK) di pulau Buru merupakan suatu wujud yang menunjukan bahwa adanya rasa keprihatinan yang sangat tinggi terhadap lemahnya sistem pengelolan pendidikan di daerah Pulau Buru khususnya pada daerah-daerah dataran tinggi dan daerah-daerah pesisiran Pantai Pulau Buru maluku. Hal ini pun terjadi karena adanya beberapa faktor yang sangat mempengaruhi terhambatnya sistem pendidikan nasional diantaranya :

  1. kurangnya fasilitas yang mendukung pengetahuan anak bangsa.
  2. Lemahnya jumlah tenaga pengajar terutama di daerah pegunungan sehingga menuntut mereka mengajar yang tidak sesuai dengan kapasitasnya.
  3. Menurunnya semangat belajar anak karena adanya faktor lingkungan (pergaulan) serta faktor ekonomi yang tidak cukup.

Hal ini pun sangat membutuhkan perhatian Khusus buat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Sehingga bisa tetap menjaga kualitas pendidikan anak bangsa khususnya pada daerah Indonesia timur.

Gerakan Literasi RBK Pulau Buru merupakan suatu gerakan yang sangat Luar biasa yang mampu menghadirkan solusi kepada masyarakat dan musyawarah sesama pengerak literasi untuk membuat strategi-strategi yang kreatif dalam membentuk sistem pendidikan yang berkualitas, dalam hal ini dengan hasil musyawarah tersebut di tujukan untuk bagaimana menghadirkan semangat anak-anak bangsa untuk gemari membaca serta memelihara rasa cinta kepada ilmu pengetahuan.

Gerakan Literasi RBK Pulau Buru banyak sekali mengajarkan tentang bagaimana pentingnya kita memiliki ilmu pengetahuan yang berlandaskan kejujuran, kesopanan/adab, serta rasa untuk Bergerak dan Berbagi bersama. Karena keberhasilan dalam menuntut ilmu sebagai tolak ukur bagaimana dia mencintai ilmunya, serta membagikan ilmunya kepada orang lain.

Hal yang sangat berkesan bagi saya pada gerakan Literasi RBK Pulau Buru adalah ketulusan yang memang di dasari dengan rasa ingin berbagi, kemudian kekeluargaan yang saling menghargai, serta rasa semangat untuk bergerak, walaupun dengan dana yang sangat terbatas dari hasil patungan teman-teman pengerak literasi. Sebab bagi kami para pengerak Literasi kekurangan dana tidak dapat menghalangi niat baik kami untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada anak-anak bangsa di daerah pelosok Nusantara .

Harapan saya kedepannya semoga gerakan literasi ini bisa menjadi suatu gerakan yang lebih berkembang luas ke seluruh daerah-daerah tertinggal sehingga dapat membantu mencerdaskan anak-anak Bangsa di Bumi Pertiwi yang kita cintai ini. Pesan dari kami para pengerak literasi RBK Pulau Buru Tetaplah perbaiki generasi anak mudah karena

“Setiap orang mempunyai ilmu tetapi tidak semua orang mampu untuk berbagi ilmu”.

Bagikan yuk

Ikbal Umaternate

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.