Foto Dafrin Muksin. Tampak Laode sedang mempersiapkan Motor Pustaka ROTS

ROTS dan Motor Pustaka

Oleh: Dafrin Muksin

Aktifitas Literasi adalah sebuah aktifitas mulia yang didasari pada misi kenabian yaitu mencerahkan kehidupan umat manusia. 

Aktifitas literasi membutuhkan orang-orang yang komitmen, tanguh dan pantang menyerah. Aktifitas literasi harus terus didorong, bahu membahu untuk mengerakkan Literasi. 

Sebab Literasi adalah rumahnya manusia, Rumah untuk mejaga kewarasan dan rumah bagi mereka yang berpihak kepada kebenaran.

RBK On the Street (ROTS) digerakkan sejak tahun 2014 di alun-alun kidul Yogyakarta. Ini adalah gerakan literasi bergerak (moving library). Siapa saja bisa menjadi pegiat literasi dengan cara yang mudah. Membawa buku ke ruang publik, mengantarnya menjadi bahan-bahan pengetahuan yang senantiasa baru bagi perjalanan hidup manusia.

Setiap minggu pagi pegiat di RBK bersiap-siap menata buku di motor pustaka yang sejak tahun 2018 menjadi aset literasi bagi masyarakat di Yogyakarta. Tentu saja motor pustaka ini dapat diberdayakan di mana saja. 

Memang tahun 2018 ada tanda-tanda baik yang perlu diapresiasi. Bukan cuma PT Pos buka program kirim buku gratis (Free Cargo Literacy) tapi juga motor pustaka yang didukung dari Perpusnas RI. Negara harus terus semangat mendorong literasi.

Oh ya, motor pustaka yang biasa dipakai untuk ROTS dimural oleh Mas Isrol dari Media Legal.

Mari Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Baca Komunitas

MEMBACA | MENULIS | MENANAM

---

Rumah Baca Komunitas merupakan perkumpulan independen yang mempromosikan pengetahuan, kerja kolaboratif dan emansipatif terkait isu perbukuan, komunitas, dan lingkungan hidup