independent.co.uk

Filipina akan Wajibkan Setiap Siswa Menanam 10 Pohon sebelum Lulus

Syarat kelulusan bagi setiap siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi di Filipina adalah dengan menanam setidaknya 10 pohon. Aturan ini adalah ketentuan dari Rancangan Undang-undang sebagai upaya menangkal pengaruh perubahan iklim terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Dalam Graduation Legacy for the Environment Act, setiap siswa akan diwajibkan menanam pohon sebagai syarat kelulusan. Mandat diberikan kepada Departemen Pendidikan dan Komisi Pendidikan Tinggi untuk menerapkan aturan ini, berkordinasi dengan Otoritas Pengembangan Keterampilan dan Teknik Pendidikan, Departemen Lingkungan dan Sumber daya Alam, Departemen Agrikultur, Departemen Reforma Agraria, Departemen Kesehatan, Keuangan, Pertahanan, Ilmu Pengetahuan, dan Komisi Indigeneous, serta sejumlah komisi dan departemen terkait lainnya.

RUU ini diinisiasi oleh Gary Alejano, Joseph Stephen Paduano, Noel Villanueva, Mark Go, dan Pablo Ortega.

Gary Alejano mengatakan bahwa jika peraturan ini berhasil diterapkan, setidaknya akan ada 175 Juta pohon baru yang ditanam setiap tahunnya. Jumlah siswa pada semua jenjang mencapai 12 juta lebih, dan 500 ribu dari perguruan tinggi. Setidaknya akan ada 525 juta pohon yang dapat ditanam atas dasar inisiatif aturan ini. Anak muda akan menganggap ini sebagai tanggung jawab terhadap masa depan Filipina.

Filipina adalah salah satu negara dengan tingkat penggundulan hutan yang mengkhawatirkan. Setidaknya terjadi penurunan area hutan yang mencemaskan, dari 70% menjadi 20% selama abad 20. Berkurangnya area hutan telah menjadi penyebab utama dari ancaman banjir dan longsor. 

Pemerintah Filipina akan memilih jenis pohon yang ditanam. Mereka memprioritaskan jenis pohon berdasarkan pada pertimbangan iklim dan topografi lingkungan, serta jenis lokal.

Pohon yang ditanam berdampak pada penyerapan karbon dan tersedianya oksigen bagi ekosistem. Dampak lain aturan ini adalah memperkuat pemahaman lingkungan dan menstimulasi inisiatif ekologis. 

Editor: Fauzan AS

diolah dari:
https://www.independent.co.uk/news/world/asia/philippines-tree-planting-students-graduation-law-environment-a8932576.html
https://news.abs-cbn.com/news/05/15/19/plant-before-diploma-house-oks-bill-requiring-tree-planting-before-graduation

Mari Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Baca Komunitas

MEMBACA | MENULIS | MENANAM

---

Rumah Baca Komunitas merupakan perkumpulan independen yang mempromosikan pengetahuan, kerja kolaboratif dan emansipatif terkait isu perbukuan, komunitas, dan lingkungan hidup