ANAK KANOMAN SONGSONG RAMADHAN 1443 H

 ANAK KANOMAN SONGSONG RAMADHAN 1443 H

Jumat sore, 1 April 2022, Masjid Nur Iman Kanoman, Banyuraden, Gamping, Sleman, DIY telah ramai didatangi anak-anak. Hujan yang deras mengguyur tidak menyurutkan langkah anak-anak Kanoman untuk kegiatan Kado Silang Songsong Ramadhan.

Gapura samping dan gapura depan masjid Kanoman berhias bunga-bunga, melengkung, bagaikan perhelatan “nduwe gawe”. Ya, ‘gawe’nya adalah kegiatan anak selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini dikelola oleh muda-mudi Kanoman.

Payung warna-warni tampak berjajar di halaman masjid. Besar dan kecil.

Para ibu ada yang menunggu putra-putrinya di depan. Melatih keberanian anak untuk berinteraksi dengan teman-temannya dan melihat dari kejauhan.

Ada pula ibu-ibu yang menunggu di samping putra-putrinya.

Kakak-kakak muda-mudi Kanoman seusia SMP, SMA, kuliah mendampingi kegiatan adik-adik di dalam kelompok. Membuat yel-yel. Menuliskan nama kelompok, juga nama anggota kelompok.

Kebahagiaan menyeruak mengaliri dada. Sebuah harapan pencerahan umat dimulai.

Para ibu di tiap RT di lingkungan Kanoman bersiap memberikan takjil sesuai jadwal. Indahnya sebuah kebersamaan. Kesuksesan Ramadhan 1443 Kanoman didukung berbagai pihak, anak-anak, muda-mudi, ibu-ibu, bapak-bapak.

Dalam bahasa akademiknya, pendidikan yang berlangsung adalah pendidikan berbasis masyarakat. Inilah uniknya. Di situ pula dibutuhkan peran serta aktif dan positif dari berbagai unsur di masyarakat, agar saling mendukung, saling memahami, dan saling support.

Semua bermanfaat bagi kesuksesan program, baik penyedia takjilan, donasi tadarusan, ada yang nyumbang waktunya mengisi kegiatan anak, ada yang berbagi ilmunya.

Senyum dan kata-kata yang baik juga merupakan pemberian berharga, karena panitia akan merasa dihargai dan menjadi lebih termotivasi untuk berbagi dan meningkatkan kualitas diri.

Bersama kita bergerak membangun negri. Mencerdaskan anak-anak bangsa demi bakti pada ibu pertiwi. Di pundak generasi muda secercah harapan terpatri. Aku ingin melihat suatu saat Indonesiaku menyanyi lagu indah tentang kejayaan dan kedaulatan negri.

Bagikan yuk

Sri Lestari Linawati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.