KANOMAN, RBK- Rumah Baca Komunitas (RBK) dalam rangka menindak lanjuti agenda rapat bulanan minggu lalu, (Jumat/17) rencananya akan mengadakan kegiatan dengan berbagai tema. Mulai dari diskusi logika, kajian kebahasaan, seri literasi dan agenda kemanusiaan lainnya. Selain menjadi rumahnya manusia Rumah Baca Komunitas (RBK) berkomitmen untuk menjadi jembatan dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. “rumah baca komunitas harus jadi yang terdepan dalam pengembangan pikiran dan kebahasaan. Ini adalah bentuk syukur kita menjadi manusia, dan juga dalam rangka terus berelaborasi antara manusia dengan lingkungannya” tutur Faiz selaku pegiat RBK.

Selain sebagai wadah pengembangan minat budaya literasi, beberapa waktu lalu salah satu pegiat RBK (Roni/30) turut berpartisipasi dalam menyuarakan hak-hak masyarakat wadas yang terekploitasi, akibat adanya rencana penambangan quarry. Tergabung dalam wadah seniman Jogja, mereka mengkritik dengan membuat karya seni mural di berbagai sudut desa sebagai bentuk perlawanan atas ketidakadilan yang dialami oleh masyarakat wadas.

Sebagai satu bentuk sikap dalam mengawal perjuangan masyarakat wadas, Rumah Baca Komunitas (RBK) dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan seri diskusi dengan tema Gerak Juang Wadas dengan jadwal dan narasumber yang belum ditentukan. Ini sekaligus juga sebagai kegiatan pembuka dalam mengawali rentetan kegiatan RBK yang akan datang. (Fz)

Komentar Pecinta RBK
Berbagi

Kuy, Kepoin RBK

Dapatkan berita dan info terbaru dari Rumah Baca Komuitas
SUBSCRIBE
close-link