Istana: Tempat Terbalik di Dunia

Oleh Andi Tuhuteru)*

Tak seperti Tikus (nama samaran), tokoh yang mengubah jalan cerita Roanne Van Voorst – begitu yang dikatakan penulisnya sendiri, yang mengatakan rumah dan kawasan kumuhnya jadi “tempat terbaik di dunia.”
Saya, mungkin seperti kebanyakan orang lainnya, tetap menganggap gedung mewah di seberang sana sebagai tempat terbaik di dunia.
Saya tentu saja punya alasan sendiri. Bagaimana tidak darii dalam gedung itu, dengan sekali tanda tangan atau anggukan kepala untuk sebuah proyek, katakannya bandara NYIA di Jogja, ratusan alat berat dan ribua aparat akan segara mengobrak-abrik rumah warga yg sah di mata hukum, tanpa pernah menyandang gelar teroris.

Dari dalam gedung itu, kamu bisa meratakan ratusan bahkan jutaan hektare dusun Sagu milik orang2 Papua dan Maluku, hutan Adat milik orang Dayak dan suku2 lain di Sumatera, menggantinya dengan kepala sawit. Lalu ketika harganya anjlok di pasar Internasional, kamu bisa dengan enak menyuruh petani itu menanam tanaman lain seperti cabai, duren bahkan jengkol.

Dari dalam gedung itu juga, kamu dengan leluasa menyambut Youtuber kondang Atta Halilintar, penyanyi muda macam Agnez Mo, atau Rapper keren macam Rich Brian. Tak peduli dengan ibu2 Kendheng yg jauh2 datang ke Ibu Kota, atau dengan Sumarisih dan orang tua yg bernasib sama, yg telah puluhan tahun berdiri dengan damai dan diam terus menagih keadilan.

Dari dalam gedung itu, omongamu pada 2014 dan 2019 bisa sangat jauh berbeda. Tentu tak seperti Tikus yang hanya membuat tempat fitnes dari alat-alat seadanya. Dari dalam gedung itu, kita nyaris berbuat apa saja. Siapa pun, setidaknya sejauh ini, pasti sepakat bahwa itulah “tempat terbaik di dunia.”

Mari Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumah Baca Komunitas

MEMBACA | MENULIS | MENANAM

---

Rumah Baca Komunitas merupakan perkumpulan independen yang mempromosikan pengetahuan, kerja kolaboratif dan emansipatif terkait isu perbukuan, komunitas, dan lingkungan hidup